Social Icons

Selasa, 22 Januari 2013

SIFAT SIFAT WAJIB DAN MUSTAHIL BAGI ALLAH

1.        Sifat Wajib: Wujud  artinya: Ada, mustahil : ‘Adam artinya Tidak Ada, Allah Taala itu ada.Mustahil Allah itu tiada.

2.        Sifat Wajib: Qidam Artinya terdahulu/tidak ada permulaanya,mustahil Huduts  Artinya baru, Allah Taala itu terdahulu, tidak ada permulaanya. Mustahil Allah itu didahului oleh ‘Adam (ada permulaanya).

3.        Sifat Wajib: Baqa’ Artinya: Kekal, mustahil: Fana’ Artinya: Binasa, Allah itu bersifat kekal,mustahil Ia dikatakan fana (binasa)
4.        Sifat Wajib: Mukhalafatu Lilhawaditsi Artinya: berbeda dengan mahluknya, mustahil: Mumatsalah Lilhawaditsi Artinya: Sama dengan yang baru, Allah itu tidak mempunyai sifat-sifat yang baru yakni dijadikan dan dihancurkan. Mustahil Allah bersamaan dengan yang baru.

5.        Sifat Wajib: Qiyamuhu Binafsihi Artinya: Berdiri dengan diri-Nya sendiri,mustahil: Ihtiyaj Ila Mahal Wa Mukhashshash, Allah Taala itu berdiri sendiri. Mustahil tidak berdiri dengan dirinya sendiri atau berdiri pada lainnya dan berdirinya tidak memerlukan tempat tertentu

6.        Sifat Wajib: Wahdaniyah Artinya: Esa,mustahil: Ta’addud artinya berbilang, Allah itu Maha Esa Dzat-Nya, Esa sifat-Nya dan Esa juga perangai-Nya. Mustahil ia mempunyai Dzat, sifat dan perangai yang berbilang-bilang.

7.        Sifat Wajib: Qudrah Artinya: Kuasa, mustahil: ’Ajaz Artinya: Lemah, Alah Taala itu Maha Berkuasa, apapun bisa dilakukannya. Mustahil Allah itu lemah atau tidak berkuasa.

8.        Sifat Wajib: Iradah Artinya: Menentukan,mustahil: Karahah artinya: Terpaksa, Allah itu Menentukan segala-galanya, semua terjadi dengan ketentuan Allah, Mustahil Allah Taala itu terpaksa dan dipaksa menentukan segala galanya.

9.        Sifat Wajib: Ilmu Artinya: Mengetahui, mustahil: Jahil Artinya: Bodoh, Allah Taala itu amat mengetahui segala-galanya. Mustahil Allah tidak mengetahui atau bodoh.

10.    Sifat Wajib: Hayat Artinya: Hidup,mustahil: Maut Artinya: Mati, Allah Taala itu sentiasa hidup yakni sentiasa ada. Mustahil Allah itu bisa mati, dianiyaya atau dibunuh.

11.    Sifat Wajib: Sama’ Artinya: Mendengar, mustahil: Shamam Artinya: Tuli, Allah Taala itu mendengar. Mustahil Allah tuli atau tidak mendengar.                      

12.    Sifat Wajib: Bashar Artinya: Melihat, mustahil: ’Ama Artinya: Buta, Allah Taala itu sentiasa melihat. Mustahil Allah Taala itu buta.


13.    Sifat Wajib: Kalam Artinya: Berkata-kata, mustahil: Bakam Artinya: Bisu, Allah Taala itu berkata-kata atau berbicara. Mustahil Allah Taala itu tidak berbicara atau bisu.

14.    Sifat Wajib: Qodiran Artinya: Keberadaan Allah Maha Kuasa,mustahil: ’Ajizan Artinya: Keberadaan Allah lemah (tidak berkuasa), Allah Taala keberadaanya amat berkuasa sifatnya. Mustahil bagi Allah memiliki sifat lemah atau tidak berkuasa.

15.    Sifat Wajib: Muridan Artinya: Menentukan, mustahil: Mukrahan Artinya: Terpaksa,Allah Taala itu berkuasa menentukan apa yang dikehendakinya. Mustahil sifatnya terpaksa atau dipaksa

16.    Sifat Wajib: Aliman Artinya: Maha Mengetahui, mustahil: Jahilan Artinya: Bodoh, Allah Taala itu maha mengetahui. Mustahil Allah Taala itu jahil/bodoh atau tidak mengetahui.

17.    Sifat Wajib: Hayyan  Artinya: Hidup, mustahil:  Mayyitan, Allah Taala itu Maha Hidup dan menghidupkan alam ini. Mustahil Allah itu bisa mati atau dibunuh.

18.    Sifat Wajib: Sami’an artinya: Mendengar, mustahil: Ashamma Artinya: Tuli, Allah Taala itu maha mendengar. Mustahil jika Allah Taala tidak mendengar atau tuli.

19.    Sifat Wajib: Bashiran Artinya: Melihat, mustahil:  A’ma Artinya: Buta, Allah Taala itu melihat semua kejadian di muka bumi. Mustahil jika sifat Allah itu tidak melihat atau buta.

20.    Sifat Wajib: Mutakalliman Artinya: Maha Berkata-kata ,mustahil: Abkama Artinya: Bisu, Allah Taala itu berkata-kata. Mustahil jika Allah Ta’ala bisu atau tidak bisa berkata-kata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar